Peduli Kesehatan Jiwa anak & Remaja RSJSH selenggarakan kegiatan"Pekan Edukasi Keluarga Pasien Daycare Anak & Remaja"

Kesehatan mental anak dan remaja masih kurang populer  dikalangan masyarakat umum dibandingkan dengan kesehatan fisik. Pemberian imunisasi atau suntik untuk menangani sakit secara fisik, memang mudah disadari. Sedangkan kesehatan mental adalah sesuatu yang kurang terlihat secara nyata namun sebenarnya mempunyai porsi yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Anak dan remaja merupakan fase yang sangat penting karena sifatnya yang kompleks dan adanya peralihan antar fase didalamnya sehingga terjadi banyak perubahan. Mulai dari perubahan secara fisik, hormonal, kognitif atau kecerdasan, emosi dan perilaku. Pada proses masa transisi tersebut, remaja biasanya dinilai sebagai kelompok usia sehat. Kondisi Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini telah menimbulkan dampak tak hanya pada orang dewasa namun juga anak. Perubahan gaya hidup yang terjadi di masa pandemi COVID-19 ini bisa menimbulkan dampak pada kesehatan mental anak.

Menyikapi fenomena tersebut RSJ Dr Soeharto Heerdjan (RSJSH) hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan anak remaja melalui layanan Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif.Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam hal ini adalah dengan memberikan edukasi kepada keluarga  pasien daycare anak dan remaja.

Narasumber kegiatan tersebut diantaranya  Ns. Nitarini, S.Kep dengan membawakan topik tentang pengenalan daycare anak & remaja, kemudian Susi Agustin, Str,(OT) dengan membawakan topik tentang okupasi terapi pada program anak & remaja,sebagai moderator kegiatan ini adalah Ns.Dyah Agus, S.Kep.

Para peserta kegiatan ini sangat antusias mengikutinya, peserta banyak melontarkan pertanyaan terkait perkembangan mental anaknya. Kegiatan Ini dilaksanakan mulai tanggal 22 s/d 26 November 2021 di ruang Daycare Anak & Remaja Instalasi Kesehatan Jiwa Anak & Remaja RSJSH.

Share this Post:

Comments