Jakarta Suicide Prevention For Child & Adolescent

Dimedia social seperti facebook atau twitter, fenomena self-harm atau aktivitas melukai diri kini banyak bertebaran. Bahkan Cerita-cerita percobaan bunuh diri sering kita jumpai. Di era media sosial, krisis eksistensi dan pencarian jati diri menjadi masalah kompleks. Kebutuhan ini bisa menjadi masalah berat. Tidak semua remaja punya tanggapan yang baik terhadap masalah hidup. Perhatian dan deteksi dari keluarga dan sekolah perlu dilakukan untuk mencegah masalah ini berakhir dengan bunuh diri.
 

Kamis, 6 Februari 2020 Instalasi Kesehatan JIwa Masyarakat RSJ. Dr. Soeharto Heerdjan menyelenggarakan sebuah Workshop dan Talkshow di Ruang Serbaguna Gd Pelayaan Terpadu Lt 4 RSJ. Dr. Soeharto Heerdjan . Topik yang diangkat dalam kegiatan  kali ini adalah Jakarta Suicide Prevention For Child & Adolescent. Kegiatan ini merupakan sebuah program yang diadakan oleh RSJ Dr. Soeharto Heerdjan untuk mencegah terjadinya bunuh diri dikalangan anak – anak dan remaja. Kegiatan ini di hadiri 192 peserta, mereka adalah  orang tua murid dan para Guru SD,SMP, SMK/SMA di wilayah DKI Jakarta dan ada juga dari kalangan mahasiswa.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr Siti Hikmawaty, S.St, M.Pd, Dr. Muhammad Husin, MPd, Ir. Wiwik Andayani, MSi, dr. Santayana Daulay, MPH. Dr Indra Giri Amriel, Dr.dr Nova Riyanti Yusuf, Sp.KJ dan yang bertindak sebagai moderator adalah Dr. dr. Suzy Yusna Dewi, Sp.Kj (K).

Acara ini di buka oleh Direktur Utama RSJ. Dr. Soeharto Herrdjan dr. Laurentius Panggabean, Sp.KJ, MKK. Dalam sambutanya beliau mengungkapkan bahwa masalah bunuh diri dan kesehatan jiwa di Indonesia merupakan masalah kesehatan masyarakat yang sangat penting dan harus mendapat perhatian sungguh – sungguh dari seluruh jajaran lintas sektor pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah serta perhatian dari seluruh masyarakat. Tindakan bunuh diri dapat dicegah dengan upaya terstruktur dari pemerintah, dan yang tak kalah penting kesadaran dan perhatian kita terhadap orang orang terdekat atau disekeliling masing – masing.

Dikesempatan ini Instalasi  rehabilitasi juga menampilakn drama dengan judul manusia kuat serta menyanyikan lagu Bunda dengan diiring music yang dimainkan oleh para pasien Rehabilitasi.

Di ujung acara para peserta kegiatan ini di ajak Tour Hospital  berkeliling melihat – lihat layanan yang ada di RSJ. Dr. Soeharto Heerdjan dengan di dampingi petugas RS.

Share this Post:

Comments